Sunday, April 22, 2018

Phi Phi Island, Tujuan Utama Wisata di Phuket

Phi Phi Island, Tujuan Utama Wisata di Phuket
Beningnya laut Phi Phi Leh

Artikel ini adalah lanjutan dari Pengalaman Wisata Hemat ke Phuket dari Bangkok

Sebelum ke Phi Phi Island yang menjadi tujuan utama, pengalaman wisata hemat ke Phuket kami akan mulai dari Bangkok, tepatnya melalui bandara Don Muang International pada tanggal 24 Maret 2018.

Karena barang bawaan yang cukup banyak dan tidak perlu dipakai di Phuket nanti, kami memutuskan untuk menyewa storage penyimpanan AIRPORTELS. Lokasinya ada di lantai 1 Gate 9, Terminal 2 Don Muang Airports, buka 24 jam. Biaya yang harus dikeluarkan sebesar THB 276, satu koper (4 hari x THB 69, promo biaya penitipan per hari) dibayar setelah mengambil kembali koper tersebut. Info lebih lanjut mengenai AIRPORTELS bisa dilihat dari tulisan saya "Memanfaatkan AIRPORTELS sebagai tempat penitipan barang yang aman dan murah".

Setelah menyimpan koper yang cukup berat itu, kami langsung melakukan check in dan menunggu penerbangan ke Phuket di gate yang disediakan. Perjalanan dengan pesawat ini lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Kami tiba di bandara Phuket kurang dari jam 4 sore.

Perjalanan pertama kami di Phuket disambut dengan hal yang tidak menyenangkan dari penjual tiket mini bus yang ada di dalam area bandara. Entah dia tidak bisa bahasa inggris dengan baik atau bagaimana, yang pasti gaya dan nada bicaranya sangat tidak mengenakan. Terlebih lagi setelah membeli tiket, kita tidak diberitahu menunggu mobilnya dimana. Ketika ditanya, dengan nada yang ngeselin hanya disuruh tunggu diluar.

harga tiket mini bus di airport phuket
Foto diambil dari google, saya tidak sempat untuk mengambil foto di airport Phuket

Saran kami, lebih baik pesan tiket mini bus dibagian depan keluar pintu exit, karena banyak agen lain diluar sana dan pelayanannya lebih baik. Saya juga baru mengetahui setelahnya. Jujur setelah keluar dari pintu exit, sedikit bingung karena bandara Phuket seperti di terminal bus, banyak agen penjual tiket. Biaya Mini Bus Van dari Bandara ke tempat kami tinggal di daerah Pantai Patong THB 180/orang

Setelah keluar pintu exit akan ada driver yang menunggu menggunakan pakaian berwarna coklat. Kita harus menunggu penumpang sampai mobil terisi penuh atau terserah pengemudinya. Kami menunggu sekitar 15 menit kala itu. Perjalanan dimulai dari bandara Phuket dan berhenti ke kantor agensi mobil tersebut untuk menanyakan nama hotel para penumpang dan mengatur pemberhentian karena driver tidak bisa berbahasa inggris, sekaligus menawarkan paket wisata yang ada di Phuket.

Kami menjadi penumpang kedua terakhir yang diantar. Sekitar pukul 18:30 saya dan istri tiba di hotel tempat kami akan tinggal selama 3 hari kedepan, namanya Phunara Residence. Lihat Pengalaman Wisata Hemat ke Phuket dari Bangkok untuk mengetahui biaya hotel dan sebagainya.

Meski waktu sudah menunjukan hampir pukul 7 malam, suasana langit di Phuket masih cukup terang. Matahari baru mulai terbenam.

kamar hotel Phunara Residence phuket
Kamar Hotel Phunara Residence Phuket

Setelah selesai beres-beres, mandi, dan sedikit bersantai, kami memulai jalan-jalan di Phuket ke Shopping Mall Jungceylon untuk membeli beberapa makanan ringan, cup noodle, sendal jepit, sunblock, air mineral botol di Big C. Sunblock akan digunakan untuk perjalanan wisata besok harinya ke Phi Phi Island, karena kami mendengar udara disana sangat panas. Karena kebetulan di hotel ada teapot, jadinya kami membeli Cup Noodle sebagai bahan makanan, selain makanan ringan kalau lapar saat malam hari. Harga barang-barang tersebut sama seperti yang ada di Big C Bangkok, bahkan sendal jepit saya beli hanya THB 39 (Promo).

Karena perut sudah keroncongan, KFC menjadi pilihan makan malam kami dihari pertama di Phuket. Kemudian kembali ke penginapan untuk tidur. Oh ya, didalam Jungceylon Mall juga terdapat pertunjukan air mancur yang dapat dinikmati secara gratis pada jam-jam tertentu.

jungceylon shopping mall phuket
Jungceylon Shopping Mall Phuket

Full Day Pertama (Hari Kedua)

Perjalanan menggunakan paket wisata ke Phi-Phi Island

Dengan harga THB 1,400/orang, paketnya sudah termasuk antar jemput dari hotel ke pelabuhan. Kami menunggu di lobby hotel sekitar pukul 7:30-7:45 dan memang tepat waktu. Tapi, karena bukan hanya kami yang dijemput, jadi harus menjemput peserta wisata lainnya.

Sebelum ke speed boat, seluruh peserta dipersilakan menikmati sarapan roti, teh, buah, dan kopi secara gratis. Cukup membantu kami yang memang tidak sempat sarapan. Kemudian seluruh peserta di briefing oleh tour guide, dimana dijelaskan sekitar 5 tempat yang akan dikunjungi pada paket wisata Phi Phi Island, yaitu Bamboo Island, Monkey Beach, Viking Cave, Phi Phi Leh, dan Maya Bay.

Suasana pelabuhan paket wisata phi phi island Phuket
Suasana pelabuhan paket wisata phi phi island Phuket

Mengetahui nama travel yang membawa kita juga sangat penting jikalau tersesat atau terpisah dari rombongan, karena dijelaskan akan banyak wisatawan dengan speed boat yang hampir sama dan penduduk lokal hanya akan mengantarkan kita ke kapal yang benar jika tahu nama travelnya. Nama travel kami adalah Mandala.

Travel ini bisa dibilang sangat berpengalaman, karena dari persiapannya sudah sangat matang. Peserta yang tidak tahan ombak sudah disiapkan obat anti mabuk laut yang saya bilang manjur, karena kami yang tadinya pusing karena perjalanan menggunakan mini bus dari hotel ke pelabuhan, setelah minum obat tersebut langsung kembali normal dan memang terbukti sampai selesai wisata.

Kami juga membeli sepatu karet spesial untuk melindungi kaki dari batu dan binatang laut yang katanya kalau kita injak maka akan masuk kedalam daging sehingga memerlukan operasi untuk mengeluarkannya. Kami pikir hanya menakut-nakuti saja, tapi ternyata memang seperti yang dikatakan kalau dipantai juga ada batu-batu tajam, pecahan botol, serta bukaan tutup kaleng yang tidak terlihat jelas karena tertutup pasir. Kami membelinya di tempat briefing tersebut seharga THB 350/pcs. Saran kami lebih baik membeli disana, karena kalau sudah di pulau harganya bisa menjadi mahal. Jika tidak ingin membeli, sebaiknya gunakan sandal saat berjalan di pantai, jangan telanjang kaki.

Mereka juga menyediakan berbagai-bagai macam perlengkapan, seperti tempat handphone anti air. Kami beli dengan harga THB 300 untuk foto dan membuat video saat snorkling di Phi Phi Island. Ada juga penyewaan kaki katak untuk menyelam. Sedangkan peralatan snorkling dan life jacket dipinjamkan secara gratis.


Menuju ke Speedboat

pelabuhan wisata phi phi island phuket
Pelabuhan Paket Wisata Phi Phi Island Phuket

Sebelum dilepas menuju speedboat kami di foto oleh salah satu petugas travel per kelompok, gunanya bukan untuk kalau hilang mudah ditemukan... HaHa :D. Foto tersebut ternyata akan dicetak dan dijual dengan bingkai setelah kembali. Satunya dihargai THB 150, tapi karena foto kami tidak bagus, maka saya tidak membelinya.


Menuju destinasi wisata pertama, Bamboo Island

bamboo island, destinasi pertama paket wisata phi phi island
Bamboo Island, destinasi pertama paket wisata Phi Phi Island

Butuh sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi ini. Sama seperti yang dijelaskan, disana ada banyak Bar dan Cafe terbuat dari kayu. Tetapi kami tidak melihat ada tempat makan, hanya ada makanan ringan dan minum, kelapa, bir, dan sebagainya. Saran saya untuk mengurangi budget, lebih baik kita sudah membelinya saat di Phuket, terutama air minum (meskipun di boat disediakan air mineral gelas dan coca cola secara gratis) dan memasukannya kedalam tas, sama seperti yang kami lakukan. Harga minuman dan makanannya sangat mahal, waktu itu kelapa kami beli seharga THB 100.

Disini kita juga bisa berenang atau snorkling dari pinggir pantai dengan peralatan yang ada di speedboat. Tapi ingat jangat melewati batas area snorkling yang sudah ada, karena banyak kapal yang datang sehingga ditakutkan terjadi kecelakaan tersedot baling-baling kapal. Wisatawan sepertinya juga kurang bertanggung jawab, karena kami melihat ada beling dan bukaan kaleng yang sudah tertimbun pasir. Untungnya saya dan istri menggunakan sepatu karet yang sangat melindungi kaki kami.

Total waktu yang diberikan untuk menikmati pulau bambu ini sekitar 1 jam. Banyak sekali speedboat yang parkir, sehingga arahan dari tour guide harus didengar baik-baik dan sebaiknya kita mengenali wajah orang-orang yang bersama di kapal. Kala itu ada sekitar 30 peserta wisata dalam speedboat, termasuk kami.


Pemberhentian kedua, Monkey Beach

monkey beach, pulau monyet dengan keindahan pantai yang alami
Monkey Beach, pulau monyet dengan keindahan pantai yang alami

Seperti namanya, pulau dekat Phuket ini dihuni oleh monyet-monyet liar yang sangat banyak jumlahnya. Namun jika kita kurang beruntung, tidak ada satu monyet pun yang akan terlihat. Tidak ada penduduk lokal yang tinggal dipulau ini dan pantainya sangat kecil, sehingga kapasitas pengunjung terbatas.

Dari boat kami sudah diberitahu untuk tidak membawa barang bawaan apapun karena hanya akan berhenti sekitar 10-15 menit dan boat diparkir tepat didepan pantai. Hal ini untuk menghindari barang-barang berharga yang bisa dicuri oleh monyet. Hanya diperbolehkan membawa 1 handphone untuk berfoto. Selain itu, monyet liar disini tidak boleh dipegang karena ditakutkan akan melukai wisatawan.

Meski begitu, keindahan Monkey Beach sangat diperhitungkan untuk menjadi salah satu destinasi pemberhentian dalam paket wisata ke Phi Phi Island.


Makan Siang di Phi Phi Don

phi phi don, pulau tempat makan siang para wisatawan
Phi Phi Don, pulau tempat makan siang para wisatawan

Sebenarnya ada satu kegiatan yang terlewatkan dalam paket ini, yaitu snorkling di laut dekat Phi Phi Don. Pemimpin tour kami memutuskan untuk melanjutkan kegiatan, makan siang terlebih dahulu karena ombak pada area snorkling sangat besar.

Untuk menuju tempat makan, para peserta diharuskan menggunakan alas kaki dan mengikuti pemimpin tour dengan baik, karena saat kembali ke pantai, kita akan berjalan tanpa ditemani dia.

Dipulau ini rata-rata penduduk beragama muslim, ada masjid yang bisa digunakan untuk sholat. Makanan yang disajikan sesuai dengan paket yang kami pilih, standard. Tetapi menurut saya cukup enak dan komplit dengan pilihan nasi, soup tom yam, daging kecap, sayuran, spagethi, buah, dan minuman, terlebih lagi bisa dinikmati sepuasnya.

Karena waktu yang diberikan masih tersisa banyak, kami membeli es krim dari penduduk lokal yang berjualan keliling sambil menikmati suasana pantai.


Melihat Viking Cave dari Speedboat

viking cave, sarang burung yang dilindungi di Phuket
Viking Cave, sarang burung yang dilindungi di Phuket

Pemberhentian kali ini adalah sebuah gua dengan banyak sarang burung yang sangat mahal harganya. Tempat ini hanya dapat kita nikmati melalui kapal, tidak ada seorang wisatawan pun yang diperkenankan menginjak tempat ini karena jika sedikit saja terganggu, burung-burung didalam gua tidak akan pernah kembali lagi kesana. Maka dari itu hanya pengelola saja dan petani sarang burung yang merupakan "orang gunung" yang dapat memanennya. Oh ya, tempat ini juga dilindungi oleh pemerintah setempat.


Menuju Phi Phi Leh, destinasi utama paket wisata Phi Phi Island

keindahan laut dan batu alam di phi phi leh
Keindahan laut dan batu alam di Phi Phi Leh

Phi Phi Leh menjadi tujuan utama kita dalam paket wisata ini. Sudah tidak perlu diragukan lagi keindahan laut dangkal dengan bebatuan alam yang tersusun secara alami.

Sayang sekali paket yang kami pilih tidak termasuk berenang atau snorkling ditempat ini. Kami hanya bisa menikmatinya dari atas boat saja. Meski begitu kita dapat melihat karang indah didalam laut berwarna hijau. Rasanya mengitarinya sekali tidak membuat hati puas. Pada destinasi ini, saya tidak bisa berbicara banyak, tapi foto-foto dan video yang kami ambil dapat mewakilinya.

Saran saya jika ingin berkunjung kesini, pilihlah paket yang ada kegiatan berenang atau snorkling di Phi Phi Leh.


Snorkling diperjalanan menuju Maya Bay

Snorkling di dekat Maya Bay
Snorkling di dekat Maya Bay

Kegiatan snorkling tetap dilanjutkan, tapi tidak ditempat yang direncanakan sebelumnya karena panitia mengatakan ombak masih besar di area tersebut. Lokasi baru yang dipilih, yaitu laut menuju pemberhetian terakhir, Maya Bay.

Meski semua pengunjung merasa kecewa, tapi mau tidak mau harus mengikutinya. Dan ternyata setelah kami bersnorkling, rasa kecewa serasa hilang. Lokasi yang dipilih menjadi pengganti ternyata memiliki keindahan bawah laut yang sangat mengesankan. Terlebih batu-batu besar yang menjulang tinggi menambah indahnya tempati ini.

Saran saya, jika smartphone kita sudah anti air, tidak perlu memakai casing waterproof lagi, karena jika terlalu lama dibawah air maka handphone akan menjadi sangat panas. Ketika itu terjadi segera keluarkan dari casing dan jangan dimasukan lagi sampai benar-benar kembali ke suhu normal.

Untuk snorkling sendiri, sebaiknya jangan terlalu jauh dari kapal, kalau tidak terbiasa berenang di laut jangan malu pakai life jacket agar lebih aman. Hati-hati dengan pergerakan speedboat lain, jika kapal sedang dalam keadaan menyala segera menjauh agar terhindar dari baling-balingnya. Bangun tidur lakukan pemanasan terlebih dahulu, jangan sampai saat berenang atau snorkling, kaki menjadi keram dan membahayakan diri anda.


Maya Bay jadi tujuan terakhir pada kunjungan wisata kami ke Phi Phi Island

maya bay jadi tujuan terkhir di paket wisata phi phi island
Maya Bay jadi tujuan terkhir di paket wisata Phi Phi Island

Pada tempat terakhir ini akan banyak sekali pengunjung dan cuacanya sangat panas, lebih panas dari tempat-tempat sebelumnya dikarenakan area berteduh yang sangat minim.

Tapi, tidak perlu diragukan lagi untuk pesona alamnya. Lokasi ini cocok untuk berfoto-foto ria dan sekedar merasakan suasana pulau sebelum kembali ke daratan. Pasir disini juga lebih bersih daripada di Bamboo Island, maklum tidak ada yang berjualan di pulau ini.

Sebenarnya kami sedikit malas mengelilingi pulau ini karena udara yang sangat panas. Namun setelah dipikir-pikir lagi, agar kunjungan ini tidak terbuang sia-sia tetap kami berjalan mengelilingi pulau ini. Ada batuan yang menjulang menuju bibir pantai seakan-akan membuat pelindung menutupi teriknya matahari, tapi setelah saya lihat sudah ramai pengunjung dan sangat minim tempat untuk bergabung. Disana juga kita bisa berenang, main air atau duduk manis sambil menikmati hembusan angin.

Setelah merasa cukup, kami mencari tempat teduh sambil menunggu kepulangan. Wisatawan yang ke Phi Phi Island hampir seluruhnya warga asing, bahkan tidak begitu banyak yang berasal dari Thailand.


Kembali ke pelabuhan menuju hotel

Sampai di boat menuju jalan pulang kami disuguhkan dengan buah nanas dan semangka. Selain keindahaan alamnya, Phuket dianugerahi dengan hasil buah-buahan yang sangat baik. Rasa nanasnya sangat manis dan alami. Saya sangat menikmatinya.

Akhirnya kami sampai di pelabuhan dengan selamat dan gembira. Sebelum meninggalkan boat, kami semua diminta memberikan tips seiklasnya, tidak kasih juga tidak apa-apa. Pegawai travel didarat juga menjual hasil foto sebelum kami berangkat berwisata ke Phi Phi Island. Seperti yang saya bilang diawal, harganya THB 150 sudah termasuk bingkai. Jika kita tidak membelinya tidak masalah.

Pengemudi yang sama ketika menjemput sudah menunggu dan kami langsung masuk kedalam mobil untuk melanjutkan perjalanan menuju hotel. Beruntung kami menjadi peserta pertama yang diantar.

Itulah kisah akhir kami wisata ke Phi Phi Island. Tapi, perjalanan di Phuket masih berlanjut ke Mengunjungi Tempat Wisata Murah di Phuket dengan Motor


Makan Sepuasnya di Sabushi Jungceylon

sabushi jungceylon phuket, thailand
Sabushi Jungceylon Phuket, Thailand

Sebelumnya kami sudah merencanakan makan di Sabushi Restaurant yang ada didalam Mall Jungceylon. Pemilihan restaurant ini karena isteri saya ingin mencicipi makanan yang ada dan memang kami belum pernah kesana, terlebih lagi rasa kelaparan kami sehabis berwisata ke Phi Phi Island. Jadi, Sabushi yang memang bisa makan sepuasnya dengan satu harga adalah pilihan yang sangat tepat... :D

Harganya THB 469/orang, tidak termasuk salmon sashimi. Waktu makan ditentukan, yaitu 1 jam 15 menit. Kami tidak membeli salmon sashimi karena memang tidak suka makanan mentah. Dengan harga THB 469 tersebut kami sudah merasa puas dan kenyang, meski rasa dari makanan bisa dibilang tidak terlalu WAH.


Lanjut ke part ke-3, Mengunjungi Tempat Wisata di Phuket dengan Motor atau kembali ke part 1, Pengalaman Wisata Hemat ke Phuket dari Bangkok

1 comment:

  1. Ijin promo yah gan...Mari Bergabung Dengan Website itudewa Situs judi online yang memberikan BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10% Untuk Semua Member BARU

    SETIAP HARINYA. MINIMAL Deposit Rp.25.000 dan Withdraw Rp.50.000

    -Bonus referral sebesar 20% seumur hidup
    -Bonus Ajak Teman Kamu Bermain Refferensi S/D 100ribu
    -Bonus GEBYAR TURNOVER TERBANYAK MENDAPATKAN HADIAH UTAMA 100JT
    -Bonus Rollingan 0,3
    -Bonus New Member 10%

    Akses ke 7 Game Hanya dengan 1 ID
    Tunggu apalagi ayo segera GABUNG di ITUDEWA

    HubungiKontak Kami :
    Line : ituDewa
    Telegram : +85561809401
    WhatsApp : +85561809401
    WeChat : OfficialituDewa
    Live Chat : ituDewa Live Chat

    ReplyDelete