Thursday, November 7, 2019

10 Rekomendasi Tempat Belanja Murah di Bangkok Thailand

Setelah sebelumnya membuat postingan mengenai 10 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bangkok, kali ini artikel saya gak kalah menarik lho..

Kalau sudah jalan-jalan berwisata, apa sih yang paling dicari sebelum kembali kerumah masing-masing? Ya, tentunya oleh-oleh dong!! Apalagi liburannya keluar negeri seperti Bangkok, pasti ada aja ya yg pengen dibeli sebagai souvenir untuk orang lain ataupun kenang-kenangan bagi diri sendiri.

Tapi, buat menuhin semua koper dengan barang belanjaan saat pulang pasti menguras isi kocek banget kan? Nah, biar keluarga dan teman-teman kalian gak banyak komen karena tidak kebagian oleh-oleh, lebih baik kita siasati dengan membeli di tempat belanja murah di Bangkok Thailand seperti yang akan saya posting kali ini. Meskipun murah, barang-barangnya berkualitas dan khas Thailand banget kok..


1. Pratunam Market

pratunam market
Pratunam market

Sepanjang pasar Pratunam maupun di jalanannya, banyak sekali penjual yang menjajakan dagangannya. Ada berupa souvenir, kaos khas Thailand, sepatu, tas, koper, pajangan, jam tangan, makanan, pakaian, dan barang lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Harga produk tersebut bervariasi, biasanya membeli lebih dari satu bisa dapat diskon. Contohnya saat itu saya membeli kaos khas Thailand dengan berbagai macam ukuran dan gambar sebanyak 12 buah/selusin. Harga normalnya 100 Baht (sekitar 46,000 Rupiah), tapi saya hanya membayar 960 Baht atau jika dihitung satuan hanya 80 baht.

Tempat belanja murah di Bangkok Thailand ini juga menjajakan pakaian wanita yang cukup modis dan dibandrol cukup murah, rata-rata hanya 250 baht. Tentunya kalau membeli 3 potong pakaian, harga yang ditawarkan lebih murah. Selain itu, ada juga pakaian anak dan pria, jam tangan, sendal yang bisa dibilang sangat murah. Kualitasnya pun relatif baik.

Disini juga dijajakan makanan dan minuman khas Thailand, seperti Ketan mangga atau dalam bahasa Thailand disebut "Khaoniao Mamuang", Tom Yam, Thai Milk Tea, dll.

Penjual dijalanan sekitar Pratunam Market ini hampir 24 jam, tapi di jam 12 malam sampai 4 pagi biasanya tidak begitu ramai. Mereka berjualan secara shift-shiftan. Otomatis barang yang dijual bergantian. Misalnya kalau pagi jam 5 kebanyakan produk wanita, sorenya baru pria dan anak-anak. Meskipun tidak 100%.

Lokasi Pratunam menjadi favorit turis asia, khususnya Indonesia karena selain strategis jg banyak hotel murah.

Tips:
1.Jangan tertipu harga di label, kalau tidak yakin atau terlalu mahal tawar saja. Disana tidak dijual barang branded, cuma imitasi.
2. Daerah ini sangat padat, tetap jaga barang bawaan. Kalau kesini dengan kendaraan jangan saat jam masuk/pulang kantor. Macet parah


2. Platinum Mall

platinum mall bangkok
Platinum mall Bangkok

Tidak jauh dari Pratunam Market, ada tempat belanja murah berbasis mall. Buat kamu yang takut make-upnya luntur (Uppss!! Peace), saya rekomendasiin kesini. Produk dibandrol hampir sama dengan Pratunam Market bedanya area ber-AC.

Untuk menuju lokasi tersebut cukup menyebrangi jembatan penyebrangan orang yang terkoneksi langsung kedalam mall, pas disebrang Pratunam Market.

Produk yang jadi rekomendasi saya untuk dibeli selain pakaian adalah aksesoris, jam tangan. Disini juga ada jasa taylor/jahit jas dan gaun.

Platinum Mall memiliki food court, letaknya dilantai atas. Setidaknya buat para wanita bisa menitipkan pasangannya disana, biar puas membidik belanjaan. Tapi perlu diingat bahwa mall ini tutup pukul 8 malam.

Tips: Waktu terbaik berkunjung siang atau sore. Kalau sudah malam banyak toko tutup.



Baca juga: Cara mendapatkan tiket pesawat murah AirAsia



3. Pantip Plaza

pantip plaza
Pantip Plaza

Pantip Plaza memang tidak seramai beberapa tahun lalu sewaktu saya kesana. Mungkin karena banyak faktor seperti maraknya marketplace lain baik online maupun offline, uda gitu sekarang gak ada lagi both-both pameran dipintu masuk sehingga membuat suasana lebih sepi dan membosankan.

Tetapi Pantip Plaza masih bisa dibilang menjadi pilihan strategis untuk membeli beberapa produk elektronik, semacam laptop, aksesoris komputer, mainan remote control, kamera, dan hal yang berbau teknologi. Ya bisa dibilang kalau dua tempat belanja murah di Bangkok sebelumnya buat para kaum hawa, Pantip Plaza layaknya dunia para cowok.

Kalau di Jakarta Pantip sama halnya dengan Harco Glodok, harga barang dibawah pasar, plus normalnya jika barang yang dibeli keluar dari Thailand, kita bisa claim kembali VAT 7% di bandara saat keberangkatan pulang. Barang disini pastinya dilengkapi dengan garansi resmi ataupun toko, seenggaknya gak perlu takut sama kualitasnya.

Pantip Plaza bersebelahan dengan Platinum Mall, jadi buat cowok-cowok kalau bete nungguin yang cewek belanja bisa main-main kesini.

Tips: Pastikan harga barang yang ingin dibeli lebih murah dibanding di Indonesia, tanya segala macam hal termasuk garansi dan pengembalian VAT.


4. MBK Center / Mahboonkrong

MBK Center atau Mahboonkrong
MBK Center atau Mahboonkrong

MBK Center adalah shopping mall yang cukup besar di Bangkok. Tempat belanja murah di Bangkok ini tidak jauh dari Pratunam, klu naik taksi atau tuk tuk sekitar 50 baht, tapi biasanya supir taksi minta 100 baht, tuktuk 80 baht. Nah, kalau mau liat-liat bisa juga jalan kaki, karena trotoarnya sudah bagus. Arahnya dari Pratunam melewati KBRI, sebelum jalan layang ambil arah kiri. Buka google map aja kawan-kawan, biar gak nyasar..

Layaknya mall, disana ada StarBucks, bioskop, permainan, tempat penitipan barang AIRPORTELs gratis, restoran & food court, dan pastinya barang belanjaan murah seperti kaos, pakaian, souvenir, aksesoris, makanan oleh-oleh, produk kecantikan, produk kesenian atau yang berhubungan dengan karya seni, contohnya lukisan foto, gantungan foto. Ada juga beberapa gerai produk makanan terkenal Thailand, Tao Kae Noi.

Biasanya saya membeli beberapa makanan oleh-oleh disana, contohnya keripik durian, kerupuk ikan, teh tarik instant Thailand, manisan buah, keripik buah, dan beberapa produk merek Tae Kae Noi seperti Tae Kae Noi noodle Tom Yam super pedas, rumput laut sheet, dll. Kisaran barang belanjaan tersebut rata-rata 100 baht per pack, paling mahal kripik durian, ukuran kecil 250+ baht, besar 500+ baht.


5. Chatuchak Weekend Market

Chatuchak market Bangkok
Chatuchak market Bangkok

Dari namanya saja kita sudah tau ya kalau tempat belanja murah di Bangkok satu ini adalah weekend market (bahasa Indonesianya apa ya? pasar minggu apa pasar akhir pekan? Zzz..)

Chatuchak sangat terkenal dikawasan Asia Tenggara, maklum saja pasar ini adalah yang terbesar di Thailand dengan luas 14 hektar dan dihuni oleh lebih dari 10ribu penjual. Pada acara tertentu, pengujung bisa mencapai 200ribu orang.. Wow ramai sekali..!!

Untuk mempermudah pengunjung, area jualan dibagi menjadi 27 bagian dengan 11 katagori:

1.Pakaian & Aksesoris (seksi 2-6, 10-26)
2. Kerajinan tangan (8-11)
3. Keramik (11,13,15,17,19,25)
4. Furnitur & Dekorasi rumah (1,3,4,7,8)
5. Makanan dan Minuman (2,3,4,23,24,26,27)
6. Tanaman, peralatan kebun (3,4)
7. Kesenian, lukisan, pajangan (7)
8. Aksesoris hewan (8,9,11,13)
9. Buku (1,27)
10. Barang Antik (1,26)
11. Barang dan pakaian bekas (2,3,4,5,6,22,25,26)

Banyak banget kan produk yang ditawarkan. Tentunya buat kalian yang ingin membeli oleh-oleh di Chatuchak harus pinter-pinter nawar ya.. gk perlu malu-malu, tawar semiring mungkin sampai tenggelam..HaHa..

Cara menuju Chatuchak mudahnya dengan BTS, turun di Mo Chit, ke pintu exit 1 ikuti jalan sampai melihat deretan kios kanvas belok kanan, dan cari pintu masuk ke pasar (biasanya ramai orang). Mudahnya tanya Mbah Google.. buka google map pas turun BTS.

PERHATIAN!!
Suasana disana super duper rame, tetap liat barang bawaan, hati-hati copet dan pelaku hipnotis. Kalau jalan bareng saling memperhatikan. Pakai pakaian dan alas kaki yang nyaman. Ada map gratis di tempat informasi, waktu berkunjung yang tepat pagi hari, siang panas mas broh!

Buka hari sabtu-minggu jam 9:00-18:00, jumat 18:00-tengah malam.


6. Sampeng Market

Sampeng market
Sampeng market

Beda dengan Chatuchak, sepertinya Sampeng Market tdk terlalu dikenal oleh para turis. Saya sendiri sudah lama tidak kesana.

Sampeng Market merupakan salah satu tempat belanja murah di Bangkok Thailand. Pasar ini menjual barang secara grosir, minimal selusin, kalaupun dijual satuan harganya lebih mahal. Oleh-oleh yang bisa dibeli disana adalah aksesoris, souvenir, tas, pernak pernik, gantungan kunci, jepitan, dll.

Rata-rata penjual eceran di daerah Bangkok membeli dari sini kemudian dijual kembali didaerah mereka. Kaya tukang jualan disekolah-sekolah beli disini. Buka mulai tengah malam menuju dini hari. Tutup pastinya saya kurang tau, biasanya saya datang jam 3/4 pagi (Iya pagi, gak salah tulis).

Sebagai gambaran harga gantungan kunci huruf hanya 5 baht, dapat gratisan jika pembelian dalam jumlah besar. Tas kecil untuk anak 50-100 baht.



Baca: 7 tips wisata hemat, aman dan nyaman


7. Asiatique The Riverfront

asiatique the riverfront
Asiatique The Riverfront

Nah Asiatique The Riverfront sudah direview dalam postingan saya sebelumnya tapi sebagai tempat wisata ya. Ternyata cukup berat untuk tidak memasukan Asiatique The Riverfront sebagai salah satu rekomendasi tempat belanja murah di Bangkok Thailand.

Di Asiatique dijual berbagai macam cendramata, seperti sabun dan produk kecantikan dengan bentuk menarik nan unik, ada juga kerajinan tangan, hiasan rumah, pakaian, makanan, dll.

Cara menuju lokasi dan detail mengenai Asiatique, Chinatown, Khaosan road silakan kunjungi postingan saya: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bangkok


8. Chinatown atau Yaowarat Road

chinatown bangkok atau yaowarat road
Chinatown Bangkok / Yaowarat Road

Chinatown adalah kawasan pecinan di Bangkok Thailand. Banyak menjual produk makanan, minuman kesehatan asal negeri Tiongkok. Yaowarat Road juga terkenal dengan pusat penjualan emas didaerah Bangkok.

Penjual makanan selalu ramai di sore hari selepas jam pulang kerja. Daerah ini tidak pernah sepi pengunjung diwaktu tersebut.


9. Khao San Road

khao san road
Khao San Road

Khao San Road sudah menjadi tempat penting bagi backpacker seluruh dunia karena disekitar kawasan ini banyak hotel dengan harga relatif murah. Sama halnya dengan tempat lain, di Khao San Road banyak penjual oleh-oleh murah. Produknya hampir semua sama, tapi bedanya setelah lelah, kita juga bisa merasakan massage/pijat ditempat ini.


10. Sukhumvit Road


Sukhumvit Road adalah pasar malam didaerah Sukhumvit. Barang yang dijual relatif sama ditempat lain, seperti tas, sepatu, pakaian, dll. Bisa jadi lokasi Sukhumvit Road lebih dekat dengan hotel kalian, jadi gak perlu jauh-jauh ketempat lain kan?



Dari semua review rekomendasi tempat belanja murah di Bangkok Thailand diatas, Pratunam Market, Khao San Road, dan Sukhumvit Road memiliki suasana dan barang dagangan yang sama. Hanya beda tempat saja. Sebelas duabelas gitu lah...

1 comment:

  1. Ijin promo yah gan...Mari Bergabung Dengan Website itudewa Situs judi online yang memberikan BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10% Untuk Semua Member BARU

    SETIAP HARINYA. MINIMAL Deposit Rp.25.000 dan Withdraw Rp.50.000

    -Bonus referral sebesar 20% seumur hidup
    -Bonus Ajak Teman Kamu Bermain Refferensi S/D 100ribu
    -Bonus GEBYAR TURNOVER TERBANYAK MENDAPATKAN HADIAH UTAMA 100JT
    -Bonus Rollingan 0,3
    -Bonus New Member 10%

    Akses ke 7 Game Hanya dengan 1 ID
    Tunggu apalagi ayo segera GABUNG di ITUDEWA

    HubungiKontak Kami :
    Line : ituDewa
    Telegram : +85561809401
    WhatsApp : +85561809401
    WeChat : OfficialituDewa
    Live Chat : ituDewa Live Chat

    ReplyDelete