tips lengkap wisata hemat dan nyaman

Tips Wisata Hemat dan Nyaman

Tips lengkap bermanfaat untuk para pelancong yang ingin berlibur secara hemat dan nyaman.

pengalaman wisata hemat ke phuket

Pengalaman Wisata Hemat ke Phuket

Pengalaman wisata ke Phuket lengkap dengan perencanaan, budget, tempat wisata murah, dan saran

Wednesday, November 13, 2019

Wisata Patung Buddha Tidur Wat Pho Bangkok

Kuil Buddha Tidur Wat Pho Bangkok

Liburan ke Wat Pho dan Wat Arun Bangkok Thailand ini adalah lanjutan dari 3 artikel sebelumnya:

Part-1 Liburan ke Bangkok Bersama Keluarga
Part-2 Liburan ke Asiatique Bangkok dengan BTS
Part-3 Liburan Keluarga ke Dream World Bangkok

1. Wat Pho

Patung Buddha tidur Wat Pho

Di hari keempat liburan ke Bangkok, seperti biasa diawali dengan sarapan pagi yang disediakan hotel. Hari ini adalah hari terakhir dimana malam nanti hampir semua anggota keluarga saya akan pulang ke Indonesia, sedangkan saya beserta istri dan anak melanjutkan perjalanan ke Singapore.

Memanfaatkan waktu yang ada, selesai makan kami langsung berangkat ke Wat Pho menggunakan tuk tuk, biayanya 150 baht.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Kuil Buddha tidur Wat Pho, diantaranya disarankan menggunakan celana panjang, payung, kacamata hitam, dll.

Sebelum masuk, kita membeli tiket diloket depan seharga 100 baht. Tiketnya nanti bisa ditukarkan air minum botol didalam. Jadi jangan dibuang ya..

Kami langsung menuju tempat utama, yaitu kuil patung Buddha tidur berlapis emas. Ketika berada dipintu masuk, semua alas kaki dilepas dan dimasukan kedalam kantong yang sudah disediakan kemudian dibawa sampai pintu keluar. Mungkin untuk menjaga agar lantai tetap bersih.

Meski merupakan salah satu tempat wisata murah di Bangkok Thailand, Wat Pho adalah objek wisata religi. Begitu masuk kedalam, suasana religi umat Buddha ini begitu kental.

Pengunjung dipersilakan mengambil gambar sesukanya, tapi ingat ya buat saling bergantian karena spot terbaik mengambil foto disini tidak terlalu banyak. Kebanyakan pasti mau foto berlatar Buddha tidur berlapis emas secara full.

Selain berswafoto, didalam juga terdapat banyak wadah yang biasa diisi koin untuk melihat keberuntungan. Kalau mau coba kita ambil salah satu mangkuk berisi koin secara acak, biasanya ketika mengambilnya kita memberikan donasi terlebih dahulu.

Sebelum memasukan satu demi satu koin kedalam wadah berwarna emas tadi, ucapkan doa dalam hati dulu. Jika, sampai ujung wadah koin tidak tersisa sama sekali "katanya" kemungkinan besar doa akan terkabul.

Puas berfoto-foto, kami keluar dari area patung. Saya membawa rombongan jalan-jalan didalam area Wat Pho. Udara terasa panas, jadi lebih baik sempatkan waktu di pagi hari jika ingin berkunjung. Biar gak dehidrasi, kami menukarkan tiket dengan botol minum dulu, lalu lanjut lihat-lihat. Kalau airnya habis bisa diisi ulang didekat tempat ambil tadi.

Masih banyak spot foto didalam Wat Pho. Ada deretan candi-cadi megah beserta patung-patung Buddha. Tempat ini sering digunakan untuk kegiatan sekolah dan acara-acara kebudayaan. Jadi, maklum saja jika tempat wisata murah di Bangkok ini tidak pernah sepi pengunjung.

2. Wat Arun

Selesai menikmati indahnya Patung Buddha tidur, kami melanjutkan liburan ke Wat Arun yang hanya bersebrangan dengan Wat Pho. Tapi sebelum itu, diperjalanan dekat dermaga kami menikmati makan siang. Disana banyak penjual makanan, buah, dan minuman dengan harga cukup terjangkau.

Menyebrang ke Wat Arun menggunakan boat, biayanya 4 baht/orang atau setara 1,500 rupiah. Sampai disana kegiatan yang bisa dilakukan adalah memberi makan ikan dan burung, membeli oleh-oleh, bersantai, menaiki puncak candi.

Oh ya, masuk Wat Arun gratis, kecuali kalau kalian mau ke puncak candi mesti bayar 50 baht. Tapi hati-hati ya, anak tangganya semakin tinggi semakin curam. Kalau tidak sanggup lebih baik jangan, daripada liburanmu berakhir tdk menyenangkan.

Di Wat Arun kami hanya bersantai menikmati angin sepoi-sepoi dipinggir sungai sembari memberi makan ikan dan burung berupa roti atau pelet yang dibeli dengan harga 20 baht.

Penjual oleh-oleh disini hampir semua bisa berbahasa Indonesia, jadi jaga bicara jangan sampai menyinggung. Jika tidak mau membeli atau harga terlalu mahal baiknya tawar dengan sopan.

Satu hal lagi, jangan terjebak dengan spot foto dari gabus yang bagian kepalanya dibolongin dekat taman atau jalanan. Mengambil gambar disana bukan gratis, tapi bayar.

Puas berjalan-jalan di Wat Arun, kami kembali menyebrang menggunakan boat untuk pulang ke hotel menyiapkan serta menimbang barang bawaan agar nanti di airport tidak repot.

Itulah akhir liburan keluarga di Bangkok Thailand. Setelah ini, seperti yang sudah disampaikan, saya, istri, dan anak akan melanjutkan perjalanan ke Singapore. Ditunggu ya postingan berikutnya...

Tuesday, November 12, 2019

Liburan Keluarga ke Dream World Bangkok

Dream World Bangkok Thailand

Postingan ini adalah bagian ketiga dari Liburan saya bersama keluarga ke Bangkok.
Part-1 Liburan ke Bangkok Bersama Keluarga
Part-2 Liburan ke Asiatique dengan BTS

Mulai pagi hari sama seperti sebelumnya, kami sarapan terlebih dahulu. Janjian dengan driver yang jemput jam 8:30 di lobby hotel.

Jalan-jalan ke Dream World Bangkok sudah direncanakan jauh hari, jadi saya sdh booking melalui online di Renown Travel (webnya bisa dilihat dari google). Paket wisata yang dipilih termasuk tiket masuk foreigner terusan (include snow town), buffet lunch, dan transport round trip. Total biaya buat 9 orang sebesar 8,730 baht atau 970 baht/orang. Anak-anak dihitung sama biayanya.

Mobil van sudah menunggu diluar siap mengantar saya menikmati liburan ke Dream World Bangkok bersama keluarga. Perjalanan cukup jauh, memakan waktu sekitar 1 jam..

Akhirnya sampai juga di Dream World Bangkok. Dari luarnya saja banyak pemandangan yang dapat dijadikan background foto.

Foto dihalaman depan Dream World Bangkok

Sebelum masuk, supir kami mengantarkan ke loket yang ada didalam kantor untuk mengambil tiket masuk, kupon makan siang, stiker, dan map. Oh ya, drivernya berbahasa Inggris dengan lancar, jadi gak gitu masalah buat komunikasi.

Melangkahkan kaki kedalam ternyata seperti di dunia dongeng. Tempatnya didesign sangat baik, cocok buat berswafoto.

Ada Apa Aja sih di Dream World? Biar gampang dibagi jadi 3 bagian:

5. Niagara
6. Water Fun, kolam renang gitu
7. Bump Car
8.Giant House. rumah raksasa.
9. 4D Adventure
17. Permainan perahu dayung buat anak
18. Arum Jeram
19. Crazy Bus
20. Go Kart, tapi mesti bayar lagi.
21. Gowes bebek didanau buatan
22. dll

B. Pertunjukan

1. World Parade, tayang hanya dihari weekend dan libur jam 15:45
2. Hollywood Action, pertunjukan kaya film aksi. Setiap hari ada
3. Animals Show, ada setiap hari.
4. Dan show lainnya sesuai event.

C. Spot Foto

1. Photopia, area yang diatur layaknya film fantasi peri
2. Seven wonders of the world. Disini terdapat miniatur 7 keajaiban dunia
3. Taman Cinta, cocok banget buat couple atau keluarga.
4. Dan masih banyak lagi area foto yg instagrammable bgt.

Buat Info lengkap kunjungi webnya dan download map Dream World Thailand.

Disana kami berkeliling semua tempat, namun tidak bermain semuanya dengan berbagai alasan. Yang pasti karena takut ketinggian, mual, dan pengen menikmati liburan dengan nyaman aja.. Haha.

Beberapa kegiatan disana saya rangkum menjadi 10 saja, kalau semua terlalu banyak.

1. Naik Cable Car

Foto di mobil cinta

Masuk ke Dream World sudah banyak lokasi buat ambil gambar. Bagus2 sekaligus unik, saat itu kami mengambil jalur sebelah kiri menuju cable car. Turun dari permainan mobil kabel langsung berada dibagian tengah area. Saya putuskan bermain diarea dekat food court agar tidak bolak balik. Kalau bawa anak kecil pastikan bawa stoller biar gk capek gendong.

2. Animal Farm

Animal Farm Dream World Bangkok

Disini kita bisa berinteraksi langsung dengan hewan seperti kelinci, babi, burung, dll. Kegiatannya memberi makan hewan tersebut, tapi sebelumnya beli dulu diloket yang disediakan. Tidak mahal koq, hanya 20 baht saja. Kami sangat puas memberi makan burung dan lumayan bisa langsung foto-foto juga.

3. Makan siang

Setelah bermain beberapa permainan, waktu makan siang tiba. Kami langsung menuju food court. Bangku sudah disediakan dan kita hanya memberikan kupon yang diberikan saat kedatangan saja. Makanannya cukup bervariasi dan rasanya boleh lah. Kalau tidak membeli secara paket, kenanya lebih mahal 150 baht/orang.

4. Snow town

Usai makan siang, lanjut lagi permainan kecil sambil berjalan ke snow town. Sebelum masuk ke snow town, kita pakai dulu jaket dan sepatu yang sudah disediakan dicounter depan. Namanya juga snow town, disini dingin banget meskipun sudah mengenakan perlengkapannya. Perlu diingat, usahakan jangan bermain mainan yang bisa buat baju basah dulu sebelum ke snow town.

Kami hanya sanggup sekitar 15 menit. Didalam banyak tempat foto, selain itu bisa bermain seluncuran.

5. Arum Jeram

Selesai dingin-dinginan, lanjut main basah-basahan ke Arum Jeram. Saat itu pengunjung tidak begitu ramai, jadi kami bermain 2 kali putaran langsung. Terlanjur basah, kami melanjutkan permainan ke Niagara.

6. Hollywood Action

Puas main basah-basahan, saatnya menonton film aksi hollywood secara langsung. Kebetulan waktunya pas saat itu. Sesudahnya beristirahat sejenak sebelum jalan balik untuk mengunjungi wahana yang terlewat.

7. Giant House

Giant House Dream World

Dari namanya sudah jelas ya, kalau tempat ini adalah rumah raksasa dengan perabotan yang pastinya besar juga.

8. 4D Adventure & Space Alien

4D Adventure Dream World merupakan film 4 dimensi yang bercerita mengenai seorang profesor muda yang membuat kesalahan sehingga binatang-binatang menjadi besar dan ganas. Nantinya akan muncul efek-efek yang disetting secara atraktif, membuat penonton teriak ketakutan sekaligus excited.

Sedangkan Space Alien seperti kita berada didalam laboratorium luar angkasa, ketika itu Alien yang sedah diteliti lepas satu, kemudian tiba-tiba lampu gelap tak bercahaya dan tiba-tiba aliennya mucul didepan.

9. Photopia

Kawasan Photpia Dream World

Jalan ke pintu keluar melewati area Photopia, daerah yang diatur sedemikian rupa layaknya rumah peri. Aktifitas disini foto-foto ambil istirahat sejenak.

10. Miniatur 7 Keajaiban Dunia

Miniatur 7 keajaiban dunia

Ketikan jalan pulang kami mengambil arah berlawanan saat datang. Jadi melewati miniatur 7 keajaiban dunia yang sangat mirip dengan aslinya. Bagus buat koleksi foto serta edukasi.

Sudah puas menikmati Liburan di Dream World Bangkok, kami kembali ke hotel. Diperjalanan macet parah sampai sekitar 2 jam-an.

Kegiatan hari ketiga selesai, besok waktunya pulang ke Jakarta buat keluarga, sedangkan kami bertiga (saya, istri, dan anak) melanjutkan liburan ke Singapore.

Tapi, karena ambil pesawat malam, paginya kami masih bisa Liburan ke Wat Pho Bangkok Thailand.

Sunday, November 10, 2019

Liburan ke Asiatique Bangkok dengan BTS

Asiatique The Riverfront Bangkok

Postingan ini adalah lanjutan dari Liburan ke Bangkok Bersama Keluarga.

Setelah menunggu sekian lama, waktu menunjukan pukul 5 sore dan kami langsung menuju BTS paling dekat dari MBK Center, yaitu Siam atau National Stadium.

Sebelum masuk ke kereta BTS, kita beli dulu tiket di counter self-service yang sudah disediakan. Saat ini mesin pembelian tiket BTS dapat menerima uang kertas, kalau dulu mesti tuker ke loket terlebih dahulu. Perhatiin informasi lengkapnya sebagai berikut agar liburan ke Asiatique Bangkok dengan BTS lebih nyaman.

1. Jadi kita masukin uang kedalam mesinnya, terus pilih statsiun pemberhentian (ke Asiatique The Rivefront dengan BTS tujuannya Saphan Takshin). Jangan sampai salah ya..
  2. Kemudian tiket bakal keluar secara otomatis begitupun kembalian uangnya.
  3. Setelah tiket ada ditangan, jalan ke gate masuknya. Masukan tiket kemudian kita sudah bisa masuk, tapi harus diingat, tiketnya diambil kembali karena dipintu keluar saat di stasiun pemberhentian nanti masih diperlukan sebagai akses exit.

Sekedar info, Asiatique merupakan rekomendasi tempat wisata murah di Bangkok Thailand.

Setelah masuk kedalam area BTS, naik kelantai atas kemudian cari kereta kearah Saphan Taksin. Atau lebih mudahnya ikuti jalur BTS dibawah ini bagian warna biru:

Map BTS Bangkok

Kita hanya melewati sekitar 5 stasiun, jadi pastikan mendengar secara baik stasiun pemberhentiannya dan jangan sampai terlewat ya.. Kalau lewat bisa balik lagi sih.

Di stasiun Saphan Taksin, keluar ambil jalan kearah dermaga. Turun tangga sudah kelihatan sungai Chao Praya. Jalan lurus kesebelah paling kiri, cari ada tulisannya "Asiatique shuttle boat". Perahu tersebut disediakan secara cuma-cuma oleh operator alias gratis.

Tempat tunggu shuttle boat Asiatique

Tidak perlu takut jika antrian mengular, kapal bisa muat banyak penumpang dan waktu tunggu hanya 10-20 menit saja. Jadi, tetap saja berada dijalur antri tersebut. Disana juga tersedia toilet umum yang bisa dimanfaatkan saat diperlukan.

Giliran kami masuk ke kapal tiba, hati-hati saat menaikinya ya, jaga-jaga kaki terjepit. Perahu sudah penuh dan siap untuk mengantar rombongan. Diperjalanan yang hanya membutuhkan waktu 10 menitan, kita bisa melihat pemandangan Asiatique The Riverfront dengan jelas, apalagi bianglala besar beserta kemerlap lampunya. Suasana romantis sudah begitu terasa ketika memandanginya.

Pemandangan Asiatique dari boat

Ketika service boat berhenti, semua penumpang sudah tidak sabar ingin keluar. Tapi selalu ingat untuk mengutamakan keselamatan, jadi ikutin antriannya dengan benar. Gak usa serabat-serobot, santai saja,,Hehe..

Baru saja turun, saya tidak mau ketinggalan momen mengabadikan foto disamping dermaga. Meskipun Liburan ke Asiatique dengan BTS ini bukan yang pertama buat saya, mungkin karena cuaca sore menjelang malam yang bagus banget, jadi foto-foto dulu deh..

Baca juga: Cara mendapatkan tiket pesawat murah AirAsia

Udara disini dingin, untungnya saya mengenakan jaket. Gk lucu kan lagi liburan dikerokin.. LoL.

Wah disini sih recommended banget buat berswafoto, instagrammable bgt lah.
Sudah puas ambil gambar, kami masuk kebagian dalam. Kebetulan saat itu ada festival makanan Thailand, jadi saya putuskan kesana terlebih dahulu sebelum menjelajah tempat lain.

Banyak sekali makanan khas Thailand disana, khususnya Durian Bangkok. Tapi karena kondisi perut gk gitu lapar, jadi kami hanya mengelilingi festivalnya dan cap cus kearah Bianglala buat foto-foto.

Bianglala Asiatique Bangkok

Buat naik Bianglala, biaya yang perlu dikeluarkan sebesar 450 baht dewasa, anak-anak 250 baht. Disana "katanya" dan saya yakin bisa melihat pemadangan kota Bangkok. Koq cm katanya? Saya pribadi sangat takut ketinggian, jadi uda 'angkat tangan' kalau disuruh naik.. Kalian coba aja sendiri dan komen dibawah ya.

Dari sana kita lanjut keliling lagi mencari souvenir buat bawa pulang ke Indonesia, membeli kerajinan tangan tas berbagai ukuran (50-100Baht), sabun beras (100), produk kecantikan, makanan ringan. Sebagai informasi, Asiatique The Riverfront masuk menjadi salah satu dari 10 Rekomendasi tempat belanja murah di Bangkok.

Sebelum balik ke hotel, kami putuskan makan malam disana. Harganya cukup normal melihat Asiatique juga tempat wisata. Banyak sekali pilihan makanannya, untuk minuman ada jus, kelapa, dll.

Tidak terasa jam menunjukan pukul 8 malam. Waktunya saya berserta rombongan mengantri service boat kembali menuju Saphan Taksin. Kemudian karena waktu sudah malam, kami melanjutkan perjalanan menggunakan taksi ke hotel menginap.

Perjalanan dihari kedua selesai..

Lanjutkan ke part 3, hari ketiga Liburan Keluarga ke Dream World Bangkok

Friday, November 8, 2019

Liburan ke Bangkok Bersama Keluarga

Pengalaman wisata ini saya lakukan dipertengahan tahun lalu saat mengunjungi Bangkok bersama keluarga. Di liburan hemat ke Bangkok kali ini total ada 9 orang dalam rombongan. Bisa dibilang perjalanan tersebut mengeluarkan biaya yang relatif murah. Mau tau caranya? Silakan lihat persiapan yang selalu saya lakukan kalau lagi jalan-jalan di 7 tips wisata hemat, nyaman dan aman atau contoh konkritnya di Pengalaman wisata hemat ke Phuket dari Bangkok.

Hari pertama sampai di Bangkok menuju hotel yang sebelumnya sudah dipesan melalui aplikasi booking.com. Kamarnya bisa dibilang buat backpaker, cuma lebih nyaman karena dibuat semacam kapsul, ada sekat-sekat gitu. Kebetulan kami pesan 2 kamar dengan 2 dan 3 kasur didalamnya termasuk kamar mandi pribadi. Nama hotelnya The Rooftop Residence.

kamar rooftop residence bangkok
Kamar di Rooftop Residence Bangkok

Untuk menginap 4 hari 3 malam, kocek yang harus dikeluarkan seluruhnya sebesar 5ribu baht atau jika dihitung harian hanya 800 baht/kamar.. Cukup terjangkau kan?? Selain itu Rooftop menyediakan breakfast gratis dengan suasana dapur rumah dilantai atas. Bukan hanya sarapan, dapur ini juga bisa dipakai sebagai tempat nongkrong, santai, ngobrol, masak mie instant atau lainnya, dll. Asiknya lagi, kita harus cuci piring sendiri layaknya dirumah.

Rooftop juga menyediakan mesin cuci koin dan area ngejemur pastinya. Jadi, daripada kasih oleh-oleh liburan berupa baju kotor lebih baik nyuci dl sebelum pulang.

Kekurangannya hanya dilokasi, karena hotel ada didalam gang dan kebanyakan supir taksi atau tuktuk harus diarahkan dengan google map. Satu hal lagi, tidak ada bellboy, jadi semua self-service apalagi untuk kamar deluxe ada dilantai 7 dimana lift hanya sampai kelantai 6.

Baca: Cara dapat tiket pesawat murah Airasia

Nah itu tadi review sedikit mengenai hotel tempat tinggal sewaktu di Bangkok. Setelah menaruh barang bawaan dan ngelempengin pinggang, hari pertama liburan ke Bangkok diisi dengan kegiatan didekat hotel. The Rooftop Residence sangat dekat dengan tempat belanja murah Yaowarat Road atau biasa dikenal Chinatown. Arah jalan saya buka melalui google map yang "katanya" cuma 8 menit, tapi mungkin karna kami jalan santai jadi butuh 15 menitan.

chinatown Bangkok
Kawasan Chinatown atau Yaowarat Road di Bangkok

Kami datang diwaktu yg tepat, dimana para penjual makanan baru mulai menggelar dagangannya. Ramainya kota dengan suasana pecinan sangat kenal disini. Berderet pedagang durian menjajakan jualannya, durian yg dijual sudah dikupas dari kulitnya dan dibungkus styrofoam. Harganya cukup mahal, tergantung ukuran dagingnya.

Karena cacing diperut mulai demo, kami putuskan membeli Nasi Hainam dalam bahasa Thailand "Khao Man Gai". Rasanya enak ya menurutku, apa entah karena lapar atau bagaimana. Harga nasi ayam yang disajikan bersama sup hangat tersebut hanya 50 baht, sekitar 22ribu jika dirupiahkan.

Sudah beres dengan urusan perut, kami lanjutkan melihat-lihat area sekitar. Mata saya tertuju kepada Peach Gum soup khas negeri Tiongkok. Kalau belum tau, Peach Gum adalah getah pohon persik biasanya untuk menjadi dessert kuah dikombinasikan dengan buah kering, kici, jamur salju, kurma Cina, sarang burung walet. Semua bahan digodok dan jadilah Peach Gum dessert. Karena khasiatnya mujarap buat ngobatin panas dalam, jadi saya beli.

Sudah puas jalan-jalan, saya berserta rombongan kembali ke hotel buat istirahat..

dapur dan tempat makan di rooftop residence
Santai di area makan Rooftop Residence

Liburan ke Bangkok hari kedua diawali dengan sarapan. Tidak ada makanan berat yang disediakan, adanya roti panggang, telor mentah beserta alat rebusnya (kalau mau dijadikan omelet masak sendiri), sereal, susu, buah, mie instant, dll. Seperti yang dibilang diawal semuanya dilakukan secara mandiri, mau masak mie masak sendiri, selesai cuci kualinya, demikian juga piring sendok. Bagus juga sih konsepnya!!

lantai atas rooftop residence
Lantai atas Rooftop Residence yang dipakai sarapan atau bersantai

Suasana dikantin sekaligus dapurnya sangat nyaman. Kami begitu menikmatinya, apalagi hembusan angin yang masuk melalui sela-sela teralis membuat kita santai mendekati ngantuk..Hehe.

Tujuan dihari kedua adalah tempat belanja murah dipusat Bangkok, MBK Center, Siam Paragon, dan sekaligus tempat wisata hemat di Bangkok Asiatique The Riverfront. Mantap!!

Tidak lama selesai sarapan, kami memulai perjalanan hari kedua liburan ke Bangkok menuju salah satu mall, MBK Center. Tujuan utama ketempat ini adalah belanja oleh-oleh agar bisa dipacking dan ditimbang, maksudnya agar tidak repot sewaktu mau pulang.

MBK Bangkok
MBK Center Bangkok

Sesuai dengan postingan sebelumnya mengenai 10 Rekomendasi tempat belanja murah di Bangkok, di MBK saya membeli cendramata berupa kaos, teh sachet, makanan ringan seperti kerupuk kulit ikan, rumput laut, mie instant, kripik durian, kripik buah, dll.

Usai belanja, kami menuju food court dilantai atas. Pembayaran makanan dilakukan dengan menggunakan card, jadi sebelum makan kita ke counter dulu untuk mengambil kartu dan deposit uang barulah bisa beli makanan.

Di food court MBK ada beberapa makanan Indonesia lho, seperti nasi kuning ayam, bakso, ada juga vegetarian food, halal food. Semua harga makanannya bervariasi dari 50-120 baht.

siam paragon mall
Siam Paragon Mall

Sudah kenyang, kami menunggu sampai pukul 5 menuju Asiatique. Disela-sela waktu saya berjalan-jalan ke Siam Paragon Mall melihat-lihat kemewahan bangunan sambil berswafoto. Tak disangka saya bertemu dengan Pak Prabowo Subianto berserta rombongan. Beliau dengan senang hati meladeni permintaan foto dan kami pun ngobrol sebentar, bersapa kabar.

Lanjut ke part 2 ya, Liburan ke Asiatique Bangkok dengan BTS

Thursday, November 7, 2019

10 Rekomendasi Tempat Belanja Murah di Bangkok Thailand

Setelah sebelumnya membuat postingan mengenai 10 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bangkok, kali ini artikel saya gak kalah menarik lho..

Kalau sudah jalan-jalan berwisata, apa sih yang paling dicari sebelum kembali kerumah masing-masing? Ya, tentunya oleh-oleh dong!! Apalagi liburannya keluar negeri seperti Bangkok, pasti ada aja ya yg pengen dibeli sebagai souvenir untuk orang lain ataupun kenang-kenangan bagi diri sendiri.

Tapi, buat menuhin semua koper dengan barang belanjaan saat pulang pasti menguras isi kocek banget kan? Nah, biar keluarga dan teman-teman kalian gak banyak komen karena tidak kebagian oleh-oleh, lebih baik kita siasati dengan membeli di tempat belanja murah di Bangkok Thailand seperti yang akan saya posting kali ini. Meskipun murah, barang-barangnya berkualitas dan khas Thailand banget kok..

1. Pratunam Market

pratunam market
Pratunam market

Sepanjang pasar Pratunam maupun di jalanannya, banyak sekali penjual yang menjajakan dagangannya. Ada berupa souvenir, kaos khas Thailand, sepatu, tas, koper, pajangan, jam tangan, makanan, pakaian, dan barang lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Harga produk tersebut bervariasi, biasanya membeli lebih dari satu bisa dapat diskon. Contohnya saat itu saya membeli kaos khas Thailand dengan berbagai macam ukuran dan gambar sebanyak 12 buah/selusin. Harga normalnya 100 Baht (sekitar 46,000 Rupiah), tapi saya hanya membayar 960 Baht atau jika dihitung satuan hanya 80 baht.

Tempat belanja murah di Bangkok Thailand ini juga menjajakan pakaian wanita yang cukup modis dan dibandrol cukup murah, rata-rata hanya 250 baht. Tentunya kalau membeli 3 potong pakaian, harga yang ditawarkan lebih murah. Selain itu, ada juga pakaian anak dan pria, jam tangan, sendal yang bisa dibilang sangat murah. Kualitasnya pun relatif baik.

Disini juga dijajakan makanan dan minuman khas Thailand, seperti Ketan mangga atau dalam bahasa Thailand disebut "Khaoniao Mamuang", Tom Yam, Thai Milk Tea, dll.

Penjual dijalanan sekitar Pratunam Market ini hampir 24 jam, tapi di jam 12 malam sampai 4 pagi biasanya tidak begitu ramai. Mereka berjualan secara shift-shiftan. Otomatis barang yang dijual bergantian. Misalnya kalau pagi jam 5 kebanyakan produk wanita, sorenya baru pria dan anak-anak. Meskipun tidak 100%.

Lokasi Pratunam menjadi favorit turis asia, khususnya Indonesia karena selain strategis jg banyak hotel murah.

Tips:
1.Jangan tertipu harga di label, kalau tidak yakin atau terlalu mahal tawar saja. Disana tidak dijual barang branded, cuma imitasi.
2. Daerah ini sangat padat, tetap jaga barang bawaan. Kalau kesini dengan kendaraan jangan saat jam masuk/pulang kantor. Macet parah

2. Platinum Mall

platinum mall bangkok
Platinum mall Bangkok

Tidak jauh dari Pratunam Market, ada tempat belanja murah berbasis mall. Buat kamu yang takut make-upnya luntur (Uppss!! Peace), saya rekomendasiin kesini. Produk dibandrol hampir sama dengan Pratunam Market bedanya area ber-AC.

Untuk menuju lokasi tersebut cukup menyebrangi jembatan penyebrangan orang yang terkoneksi langsung kedalam mall, pas disebrang Pratunam Market.

Produk yang jadi rekomendasi saya untuk dibeli selain pakaian adalah aksesoris, jam tangan. Disini juga ada jasa taylor/jahit jas dan gaun.

Platinum Mall memiliki food court, letaknya dilantai atas. Setidaknya buat para wanita bisa menitipkan pasangannya disana, biar puas membidik belanjaan. Tapi perlu diingat bahwa mall ini tutup pukul 8 malam.

Tips: Waktu terbaik berkunjung siang atau sore. Kalau sudah malam banyak toko tutup.

Baca juga: Cara mendapatkan tiket pesawat murah AirAsia

3. Pantip Plaza

pantip plaza
Pantip Plaza

Pantip Plaza memang tidak seramai beberapa tahun lalu sewaktu saya kesana. Mungkin karena banyak faktor seperti maraknya marketplace lain baik online maupun offline, uda gitu sekarang gak ada lagi both-both pameran dipintu masuk sehingga membuat suasana lebih sepi dan membosankan.

Tetapi Pantip Plaza masih bisa dibilang menjadi pilihan strategis untuk membeli beberapa produk elektronik, semacam laptop, aksesoris komputer, mainan remote control, kamera, dan hal yang berbau teknologi. Ya bisa dibilang kalau dua tempat belanja murah di Bangkok sebelumnya buat para kaum hawa, Pantip Plaza layaknya dunia para cowok.

Kalau di Jakarta Pantip sama halnya dengan Harco Glodok, harga barang dibawah pasar, plus normalnya jika barang yang dibeli keluar dari Thailand, kita bisa claim kembali VAT 7% di bandara saat keberangkatan pulang. Barang disini pastinya dilengkapi dengan garansi resmi ataupun toko, seenggaknya gak perlu takut sama kualitasnya.

Pantip Plaza bersebelahan dengan Platinum Mall, jadi buat cowok-cowok kalau bete nungguin yang cewek belanja bisa main-main kesini.

Tips: Pastikan harga barang yang ingin dibeli lebih murah dibanding di Indonesia, tanya segala macam hal termasuk garansi dan pengembalian VAT.

4. MBK Center / Mahboonkrong

MBK Center atau Mahboonkrong

MBK Center adalah shopping mall yang cukup besar di Bangkok. Tempat belanja murah di Bangkok ini tidak jauh dari Pratunam, klu naik taksi atau tuk tuk sekitar 50 baht, tapi biasanya supir taksi minta 100 baht, tuktuk 80 baht. Nah, kalau mau liat-liat bisa juga jalan kaki, karena trotoarnya sudah bagus. Arahnya dari Pratunam melewati KBRI, sebelum jalan layang ambil arah kiri. Buka google map aja kawan-kawan, biar gak nyasar..

Layaknya mall, disana ada StarBucks, bioskop, permainan, tempat penitipan barang AIRPORTELs gratis, restoran & food court, dan pastinya barang belanjaan murah seperti kaos, pakaian, souvenir, aksesoris, makanan oleh-oleh, produk kecantikan, produk kesenian atau yang berhubungan dengan karya seni, contohnya lukisan foto, gantungan foto. Ada juga beberapa gerai produk makanan terkenal Thailand, Tao Kae Noi.

Biasanya saya membeli beberapa makanan oleh-oleh disana, contohnya keripik durian, kerupuk ikan, teh tarik instant Thailand, manisan buah, keripik buah, dan beberapa produk merek Tae Kae Noi seperti Tae Kae Noi noodle Tom Yam super pedas, rumput laut sheet, dll. Kisaran barang belanjaan tersebut rata-rata 100 baht per pack, paling mahal kripik durian, ukuran kecil 250+ baht, besar 500+ baht.

5. Chatuchak Weekend Market

Chatuchak market Bangkok

Dari namanya saja kita sudah tau ya kalau tempat belanja murah di Bangkok satu ini adalah weekend market (bahasa Indonesianya apa ya? pasar minggu apa pasar akhir pekan? Zzz..)

Chatuchak sangat terkenal dikawasan Asia Tenggara, maklum saja pasar ini adalah yang terbesar di Thailand dengan luas 14 hektar dan dihuni oleh lebih dari 10ribu penjual. Pada acara tertentu, pengujung bisa mencapai 200ribu orang.. Wow ramai sekali..!!

Untuk mempermudah pengunjung, area jualan dibagi menjadi 27 bagian dengan 11 katagori:

1.Pakaian & Aksesoris (seksi 2-6, 10-26)
2. Kerajinan tangan (8-11)
3. Keramik (11,13,15,17,19,25)
4. Furnitur & Dekorasi rumah (1,3,4,7,8)
5. Makanan dan Minuman (2,3,4,23,24,26,27)
6. Tanaman, peralatan kebun (3,4)
7. Kesenian, lukisan, pajangan (7)
8. Aksesoris hewan (8,9,11,13)
9. Buku (1,27)
10. Barang Antik (1,26)
11. Barang dan pakaian bekas (2,3,4,5,6,22,25,26)

Banyak banget kan produk yang ditawarkan. Tentunya buat kalian yang ingin membeli oleh-oleh di Chatuchak harus pinter-pinter nawar ya.. gk perlu malu-malu, tawar semiring mungkin sampai tenggelam..HaHa..

Cara menuju Chatuchak mudahnya dengan BTS, turun di Mo Chit, ke pintu exit 1 ikuti jalan sampai melihat deretan kios kanvas belok kanan, dan cari pintu masuk ke pasar (biasanya ramai orang). Mudahnya tanya Mbah Google.. buka google map pas turun BTS.

PERHATIAN!!
Suasana disana super duper rame, tetap liat barang bawaan, hati-hati copet dan pelaku hipnotis. Kalau jalan bareng saling memperhatikan. Pakai pakaian dan alas kaki yang nyaman. Ada map gratis di tempat informasi, waktu berkunjung yang tepat pagi hari, siang panas mas broh!

Buka hari sabtu-minggu jam 9:00-18:00, jumat 18:00-tengah malam.

6. Sampeng Market

Sampeng market

Beda dengan Chatuchak, sepertinya Sampeng Market tdk terlalu dikenal oleh para turis. Saya sendiri sudah lama tidak kesana.

Sampeng Market merupakan salah satu tempat belanja murah di Bangkok Thailand. Pasar ini menjual barang secara grosir, minimal selusin, kalaupun dijual satuan harganya lebih mahal. Oleh-oleh yang bisa dibeli disana adalah aksesoris, souvenir, tas, pernak pernik, gantungan kunci, jepitan, dll.

Rata-rata penjual eceran di daerah Bangkok membeli dari sini kemudian dijual kembali didaerah mereka. Kaya tukang jualan disekolah-sekolah beli disini. Buka mulai tengah malam menuju dini hari. Tutup pastinya saya kurang tau, biasanya saya datang jam 3/4 pagi (Iya pagi, gak salah tulis).

Sebagai gambaran harga gantungan kunci huruf hanya 5 baht, dapat gratisan jika pembelian dalam jumlah besar. Tas kecil untuk anak 50-100 baht.

Baca: 7 tips wisata hemat, aman dan nyaman

7. Asiatique The Riverfront

asiatique the riverfront
Asiatique The Riverfront

Nah Asiatique The Riverfront sudah direview dalam postingan saya sebelumnya tapi sebagai tempat wisata ya. Ternyata cukup berat untuk tidak memasukan Asiatique The Riverfront sebagai salah satu rekomendasi tempat belanja murah di Bangkok Thailand.

Di Asiatique dijual berbagai macam cendramata, seperti sabun dan produk kecantikan dengan bentuk menarik nan unik, ada juga kerajinan tangan, hiasan rumah, pakaian, makanan, dll.

Cara menuju lokasi dan detail mengenai Asiatique, Chinatown, Khaosan road silakan kunjungi postingan saya: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bangkok

8. Chinatown atau Yaowarat Road

chinatown bangkok atau yaowarat road
Chinatown Bangkok / Yaowarat Road

Chinatown adalah kawasan pecinan di Bangkok Thailand. Banyak menjual produk makanan, minuman kesehatan asal negeri Tiongkok. Yaowarat Road juga terkenal dengan pusat penjualan emas didaerah Bangkok.

Penjual makanan selalu ramai di sore hari selepas jam pulang kerja. Daerah ini tidak pernah sepi pengunjung diwaktu tersebut.

9. Khao San Road

khao san road
Khao San Road

Khao San Road sudah menjadi tempat penting bagi backpacker seluruh dunia karena disekitar kawasan ini banyak hotel dengan harga relatif murah. Sama halnya dengan tempat lain, di Khao San Road banyak penjual oleh-oleh murah. Produknya hampir semua sama, tapi bedanya setelah lelah, kita juga bisa merasakan massage/pijat ditempat ini.

10. Sukhumvit Road

Sukhumvit Road adalah pasar malam didaerah Sukhumvit. Barang yang dijual relatif sama ditempat lain, seperti tas, sepatu, pakaian, dll. Bisa jadi lokasi Sukhumvit Road lebih dekat dengan hotel kalian, jadi gak perlu jauh-jauh ketempat lain kan?

Dari semua review rekomendasi tempat belanja murah di Bangkok Thailand diatas, Pratunam Market, Khao San Road, dan Sukhumvit Road memiliki suasana dan barang dagangan yang sama. Hanya beda tempat saja. Sebelas duabelas gitu lah...

Wednesday, November 6, 2019

10 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bangkok Thailand

rekomendasi tempat wisata murah di bangkok thailand
Halaman Siam Paragon Mall Bangkok

Bangkok sudah menjadi destinasi wisata favorit bagi para pelancong Indonesia. Selain harga tiket pesawat yang relatif murah, biaya tempat tinggal, oleh-oleh, dan tempat wisata di Bangkok Thailand juga tidak terlalu mahal dibanding negara tetangga lainnya.

Bayangkan, dulunya dari Jakarta seinget saya penerbangan Airasia hanya ada sekali dalam sehari. Sekarang sudah 3 kali dalam satu hari. Itu baru dari Airasia, belum termasuk maskapai lainnya.

Nah, kalau kamu ke Bangkok Thailand dengan budget yang tidak besar, atau sebagai referensi kalian jalan-jalan, langsung aja simak beberapa tempat wisata murah di Bangkok Thailand dibawah ini.

Tapi sebelumnya, buat para pembaca yang ingin memastikan liburannya hemat, sekaligus nyaman dan aman, silakan membaca postingan sebelumnya mengenai 7 tips wisata hemat, nyaman dan aman..

1. Wat Pho atau biasa dikenal dengan Kuil Buddha Tidur

wat pho kuil buddha tidur bangkok thailandKuil ini terkenal dengan patung Buddha tidur yang sangat besar dan berlapis emas. Wat Pho memiliki nilai sejarah untuk penduduk dan Negara Thailand.

Biaya masuk ke Wat Pho per 2019 sebesar 100 baht atau 46,000 rupiah (Rate 460). Dengan harga segitu, kita sudah diberikan air minum botol yang bisa direfill disana.

Untuk mencapai Wat Pho banyak pilihan transportasi. Bisa menggunakan jalur darat seperti taxi, maupun jalur air melalui sungai Chao Praya dengan Express Boat.

Buka mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore.

Tips: Gunakan celana panjang dan pakaian sopan, bawa sunglasses, payung, sarapan terlebih dahulu, datang pagi atau sore.

2. Wat Arun

wat arun bangkok thailand
Foto diambil dari google, Wat Arun

Lokasi Wat Arun tidak jauh dari Wat Pho. Hanya perlu berjalan kaki menuju pemberhentian express boat, dengan tujuan menyebrang. Biaya boat untuk menyebrang ke Wat Arun hanya 4 baht atau sekitar 2ribu rupiah.

Masuk ke daerah kuil tidak perlu bayar, kecuali kalian ingin menuju puncak bangunan dengan menaiki anak tangga yang cukup curam. Biaya tiketnya 50 baht..

Kegiatan yang bisa dilakukan disana yaitu memberi makan burung dan ikan yang ada disungai Chao Praya, makan siang, membeli souvenir khas Thailand.

Tips: jangan foto dengan figura/pajangan yang biasanya ada lubang untuk memasuki kepala, karena itu tidak gratis alias bayar. Hati-hati saat berbicara ketika belanja, karena penjual disana bisa berbahasa Indonesia.

Sebelum lanjut ke Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bangkok Thailand yang ketiga, baca juga tips mendapatkan tiket pesawat murah Airasia ya..

3. Grand Palace

Grand Palace Bangkok, komplek kerajaan Thailand
Foto diambil dari google, Grand Palace Bangkok, komplek kerajaan Thailand

Grand Palace adalah Komplek Kerajaan Thailand yang sangat bersejarah. Didalamnya terdapat bangunan megah dengan nilai sejarah yang sangat tinggi. Namun sayang, kita tidak diperkenankan mengambil foto ketika memasuki dalamnya.

Biaya masuk Grand Palace Bangkok sebesar 500 baht bagi foreigner. Sedangkan untuk warga Thailand gratis. Buka pukul 8:30

Tips: Gunakan celana panjang dengan pakaian sopan,

4. China Town atau Yaowarat Road

Yaowarat road Chinatown Bangkok Thailand
Foto diambil dari google, Yaowarat road Chinatown Bangkok Thailand

Seperti namanya, daerah ini dihuni banyak warga keturunan Chinese. Bahkan para pelancong dari Negeri Tiongkong menjadikan tempat ini sebagai kewajiban jika berkunjung ke Bangkok.

Tempat wisata kuliner di Bangkok ini banyak menjual produk kesehatan herbal dari China, durian, makanan dan minuman khas negara tirai bambu. Tidak lupa, banyak juga restoran seafood dengan harga terjangkau. Satu lagi, kalau kalian berniat membeli emas dengan kualitas terbaik, bisa mengunjungi China Town.

Suasana disini enaknya dinikmati saat sore menuju malam, karena banyak orang berjualan pada jam tersebut.

5. Asiatique the Riverfront

asiatique the riverfront bangkok thailand
Asiatique the Riverfront Bangkok Thailand

Nah, kalau kalian yang datang dengan pasangan, Asiatique the riverfront menjadi tempat yang wajib dikunjungi di Bangkok. Suasana pinggir sungai Chao Praya yang bisa dibilang tenang sekaligus ramai menjadi lokasi yang tepat untuk bersantai.

Untuk mencapai Asiatique, kalian dapat menggunakan jalur darat, tapi saya sarankan menggunakan service boat yang disediakan secara gratis sampai pukul 11 malam. Jika menggunakan BTS, turun di stasiun Saphan Taksin, keluar stasiun jalan ke dermaga ambil arah paling kiri. Disitu tertulis Asiatique service boat.

Disana terdapat bianglala besar untuk menikmati pemandangan kota Bangkok dan tentunya membuat suasana lebih romantis. Harga per orang 450 baht. Selain itu banyak juga penjual souvenir berupa cendra mata, makanan, produk kecantikan.

Tips: Recommended banget buat couple, view lebih bagus saat sore menjelang malam, buka jam 4 sampai tengah malam, enak buat nikmatin suasana tenang dipinggir sungai.

6. Siam Paragon Mall

siam paragon mall bangkok thailand
Siam Paragon Mall Bangkok Thailand

Mall besar di pusat kota Bangkok ini adalah tempat bagi para pelancong dengan budget besar. Maklum saja, barang-barang yang dijual branded dan mahal. Tapi untuk kita yang berbudget sedikit bukan berarti tidak bisa sekedar lihat-lihat. Didalam mall ini juga terdapat banyak spot untuk berfoto ria.

Didalam mall kita juga dapat menikmati beragam kuliner khas Thailand dengan harga terjangkau. Atau bisa dijadikan sebagai tempat istirahat.

7. Batcat Toy Museum

batcay toys museum bangkok thailand
Foto diambil dari google, Batcay Toys Museum Bangkok Thailand

Bingung kalau berpergian dengan anak saat ke Bangkok? Cobain deh ke Batcat Toy Museum. Jumlah mainan di museum ini sangat banyak dan tentunya dapat dijadikan pengalaman wisata yang berharga untuk si kecil.

jumlah koleksi mainannya bisa mencapai 50,000 bahkan lebih. Cukup dengan mengeluarkan 250 baht/orang, pengunjung bisa berswa foto dengan mainan-mainan tersebut.

8. True Love Cafe atau yang lebih dikenal sebagai Huskey Cafe

true love cafe bangkok thailand
Foto diambil dari google, True Love Cafe Bangkok Thailand

Dari namanya aja kita sudah tau ya, kalau ini cafe untuk para pecinta anjing khususnya siberian huskey. Konsep cafenya sendiri sangat instragrammable banget. Tidak seperti cafe pada umumnya, di cafe ini pengunjung dikenai biaya masuk yang saat ini harganya sudah 500 baht/jam/orang.

Nantinya tiket tersebut dapat ditukar dengan 1 cake dan 1 minuman. Saat ini True Love cafe juga memberlakukan jam kunjungan sebanyak 2 kali saja dalam sehari, yaitu pukul 1-2 siang dan 4-5 sore. Jadi yang mau kesana bisa diatur lagi jamnya ya. Terus satu hal yang gak kalah penting, mereka tutup setiap hari minggu terakhir pada setiap bulan.

Tiket juga tidak bisa dibooking atau dipesan. Jadi buat kalian yang mau "kongkow" dengan anjing-anjing tersebut bisa langsung kesana 30 menit sebelum batas awal jam kunjungan.

9. Siam Ancient City

Siam Ancient City Bangkok Thailand
Gambar dari google, Siam Ancient City Bangkok Thailand

Siam Ancient City cocok dikunjungi bersama keluarga. Tujuan pembangunan museum outdoor ini sebagai cara pemerintah Thailand melestarikan kebudayaan nenek moyang mereka. Jadi, kalau ingin melihat bagaimana keindahan Thailand tempo dulu, datang saja kesini.

Harga tiket masuknya 400 baht untuk dewasa dan 200 baht anak-anak. Buka pukul 8 pagi sampai 5 sore.

10. Khaosan Road

khaosan road bangkok thailand
Khaosan Road, Bangkok Thailand

Bagi pecinta backpaker, khaosan road bukan lagi tempat asing. Menurut sejarah, jalan dengan panjang hanya 410 meter ini dibangun pada tahun 1892 saat Raja Rama kelima bertahta.

Saat ini, jalanan tersebut menjadi daerah ekonomi yang cukup menguntungkan bagi masyarakat sekitar. Bisa dibilang seperti pasar malam ya. Setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung, apalagi banyak penjual berbagai macam souvenir, aksesoris, pakaian, dan berbagai produk dengan harga miring. Bukan hanya itu, beberapa usaha juga menawarkan jasa pijat atau massage.

Keramaian Khaosan road tidak lepas dari banyaknya turis backpaker yang menyewa tempat menginap diarea sekitar.

Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata yang ada di Thailand, tetapi sebagai rekomendasi saya berikan 10 dulu. Nantinya saya akan tambahkan dengan judul yang lebih pas, karena beberapa lokasi bisa dibilang harga tiket masuknya tidak murah.

Baca juga postingan saya mengenai tempat belanja murah di Bangkok Thailand.